Senin, 06 Januari 2014

Nilai Pendidikan Dalam KITAB KUNING TAFSIR MUNIR

Nama             : M. Amiq Fahmi
NIM               : 103111067/PAI 5B
No. Urut        : 11

PENDIDIKAN AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR
       I.            Ayat-ayat Tentang Pendidikan Amar Ma’ruf Nahi Munkar
A.       QS. Al-A’raf : 164-166
øŒÎ)ur ôMs9$s% ×p¨Bé& öNåk÷]ÏiB zNÏ9 tbqÝàÏès? $·Böqs%   ª!$# öNßgä3Î=ôgãB ÷rr& öNåkæ5ÉjyèãB $\/#xtã #YƒÏx© ( (#qä9$s% ¸ouÉ÷ètB 4n<Î) óOä3În/u óOßg¯=yès9ur tbqà)­Gtƒ ÇÊÏÍÈ $£Jn=sù (#qÝ¡nS $tB (#rãÅe2èŒ ÿ¾ÏmÎ/ $uZøŠpgUr& tûïÏ%©!$# šcöqpk÷]tƒ Ç`tã Ïäþq¡9$# $tRõs{r&ur šúïÏ%©!$# (#qßJn=sß ¥>#xyèÎ/ ¤§ŠÏ«t/ $yJÎ/ (#qçR%x. šcqà)Ý¡øÿtƒ ÇÊÏÎÈ $£Jn=sù (#öqtGtã `tã $¨B (#qåkçX çm÷Ztã $uZù=è% öNçlm; (#qçRqä. ¸oyŠtÏ% šúüϫš»yz ÇÊÏÏÈ
    II.           
Terjemah
164.  Dan (Ingatlah) ketika suatu umat di antara mereka berkata: "Mengapa kamu menasehati kaum yang Allah akan membinasakan mereka atau mengazab mereka dengan azab yang amat keras?" mereka menjawab: "Agar kami mempunyai alasan (pelepas tanggung jawab) kepada Tuhanmu, dan supaya mereka bertakwa.
165.  Maka tatkala mereka melupakan apa yang diperingatkan kepada mereka, kami selamatkan orang-orang yang melarang dari perbuatan jahat dan kami timpakan kepada orang-orang yang zalim siksaan yang keras, disebabkan mereka selalu berbuat fasik.
166.  Maka tatkala mereka bersikap sombong terhadap apa yang dilarang mereka mengerjakannya, kami katakan kepadanya: "Jadilah kamu kera yang hina.



 III.            Tafsir dan Nilai Pendidikan
A.    Tafsir QS Al-A’Raf : 164-166
Dalam tafsir munir diterangkan:

( وإذ قالت أمة منهم ) أى جماعة من أهل القرية من صلحائهم الذين ركبوا الصعب فى موعظة أولئك الصيادين حتى أيسوا من قبولهم لأقوام آخرين لايقلعون عن وعظهم رجاء للنفع وطمعا فى فائدة الإنذر ( لم تعظون قوما الله مهلكهم ) أى مخزيهم فى الدنيا ( أو معذبهم عذبا شديدا ) فى الأخرة لعدم إقلاعهم عما كانوا عليه من الفسق ( قالوا ) أى الواعظون ( معذرة ) قرأه حفص عن عاصم بالنصب أى وعظناهم لأجل المعذرة والباقون بالرفع أى موعظتنا معذرة ( إلى ربكم ) لئلا ننسب إلى نوع تفريط فى النهى عن المنكر ( ولعلهم يتقون ) أى ورجاء لأن يتقوا بعض التقاة ( فلما نسوا ما ذكروا به ) أى فلما تركوا ما وعظوا به بحيث لم يخطر ببالهم شئ من تلك المواعظ أصلا ( أنجينا الذين ينهون عن السوء ) أى عن أخذ الخيتان يوم السبت وهم الفريقان المذكوران ( وأخذنا الذين ظلموا ) بأخذ الحيتان ذلك اليوم ( بعذاب بئيس ) أى شديد وقرأ أبو بكر بيئس على وزن ضيغم وابن عامر بئس بوزن حذر ( بما كانوا يفسقون ) أى أخذ ناهم بالعذاب بسبب الفسق الذى هو الخروج عن الطاعة وهو الظلم فالبآن متعلقان بأخذنا ( فلما عتوا عما نهوا عنه ) أى فلما أبوا عن ترك ما نهوا عنه ( قلنا لهم كونوا
قردة خاسئين ) أذلاء بعداء عن الناس[1]

B.     Nilai Pendidikan
Nilai-nilai pendidikan yang dapat kita ambil dalam surat Al-A’raf ayat 164-166 adalah sebagai seorang muslim kita senantiasa untuk hidup rukun, bersatu dan saling bantu-membantu. Antara satu dan lainnya selalu memberi nasihat, mau mengingatkan pada orang yang bertindak salah atau yang khilaf baik itu disengaja atau tidak, agar hidup manusia selamat, beruntung di dunia dan di akhirat.
Karena kita semua yakin bahwa syari’at agama yang dibawa oleh nabi Muhammad SAW itu dasar yang utama ialah mempunyai tujuan untuk memberi tuntunan dan nasehat pada ummat manusia menuju kepada jalan hidup yang benar dan diridhai Allah SWT, agar dengan tuntunan agama yang suci dan luhur itu manusia bisa menduduki martabat yang mulia, ialah menjadi makhluq yang berbudi pekerti yang luhur, sehingga hidupnya berguna baik kepada diri pribadinya sendiri dan bermanfaat pula pada nusa bangsa, negara dan agama. 

 IV.            Kesimpulan
Seorang muslim dalam mengarungi kehidupan di masyarakat harus senantiasa hidup rukun, bersatu dan saling bantu-membantu dalam kebaikan, yaitu antara satu dengan yang lainnya saling memberi nasehat, mau mengingatkan bila ada yang salah atau khilaf, baik disengaja maupun tidak. Agar tercipta budi pekerti yang luhur,

DAFTAR PUSTAKA
Al-Bantani, Muhammad Nawawi, Tafsir Al-Munir, (Surabaya: Haromain, 2009), Juz: 1




[1] Muhammad Nawawi Al-Bantani, Tafsir Al-Munir, (Surabaya: Haromain, 2009), hlm: 304, Juz: 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar